Apakah Setiap Perusahaan Harus Memiliki Employee Engagement?

  • 13 March 2018 | 00:00

Definisi dari Employee Engagement
Ketika kita bekerja di sebuah perusahaan, ada istilah yang dikenal dengan Employee Engagement dan Employee Satisfaction. Apakah kedua hal ini sama? Tentu tidak. Kedua hal di atas sama-sama dinilai sebagai pendekatan yang dilakukan perusahaan kepada karyawan, tetapi perbedaannya terletak pada bagian akhir. Pada Employee Satisfaction, pendekatan ini hanya mendorong karyawan untuk melakukan kewajibannya sebatas pekerjaannya. Tetapi dengan pendekatan Employee Engagement, dapat mendorong karyawan untuk melakukan pekerjaannya lebih dari kewajiban (high performance) serta dapat memberikan kontribusi terbaik kepada perusahaan.


Manfaat bagi Karyawan
Employee Engagement menciptakan semangat baru bagi karyawan ketika mereka bangun pagi untuk berangkat ke kantor. Karyawan akan selalu berpikir positif dalam melakukan pekerjaannya serta memberikan ide-ide hebat untuk perkembangan tim serta perusahaan.

Employee Engagement menciptakan hubungan kuat dengan setiap karyawannya. Hubungan ini juga akan membuat karyawan untuk fokus kepada pencapaian yang ingin dituju, membangun kerjasama tim yang solid, serta tidak lupa untuk mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas pencapaian antar divisi.

Employee Engagement menghilangkan pemikiran jenuh dan negatif dari setiap masalah yang dihadapi oleh karyawan dalam kehidupannya. Pendekatan ini dapat membuat karyawan menjadi semangat kembali ketika melakukan pekerjaan di perusahaan.

Manfaat bagi Perusahaan
Perusahaan akan memiliki karyawan dengan sikap dan perilaku yang positif. Dengan perilaku positif, tentu akan mengarah kepada pertumbuhan perusahaan yang lebih baik dari tahun sebelumnya.

Libatkan karyawan dalam setiap pengambilan keputusan. Perusahaan dapat menemukan sudut pandang yang berbeda dari berbagai generasi karyawannya. Jadikan mereka bagian penting dalam strategi perencanaan dan pada akhirnya, merekalah yang akan merealisasikan perencaan tersebut melebih dari hasil yang diharapkan.

Karyawan akan menjadi loyal kepada perusahaan karena adanya Employee Engagement di tempat mereka bekerja. Mereka juga dengan bangga akan menceritakan dan bahkan menyarankan orang yang ditemuinya untuk menggunakan produk atau jasa yang dimiliki oleh perusahaannya.

Employee Engagement menciptakan komitmen lebih dari karyawan kepada perusahaan. Jumlah absen karena karyawan yang sakit menjadi berkurang, meredam angka untuk tingkat kecelakaan dalam proses pekerjaan, serta meningkatkan produktifitas sepanjang tahun.

Mulailah sebelum terlambat
Perusahaan tidak akan pernah tahu, kapan karyawan mereka akan berhenti dari pekerjaannya. Tetapi perusahaan dapat mencegah karyawan yang ingin berhenti tersebut dengan program Employee Engagement. Tidak pernah ada kata terlambat untuk memulai sesuatu bagi sebuah perusahaan. Program ini dapat menjadi tantangan dan sekaligus menjadi kekuatan yang tidak ternilai dalam perusahaan.

Semua karyawan yang engage dengan perusahaannya adalah karyawan yang bahagia, tetapi tidak semua karyawan yang bahagia memilik engagement dengan perusahaannya.

Rekomendasi

Komentar

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan, mandatory field ditandai dengan *