Persiapan Yang Perlu Dilakukan Sebelum Memulai Sebuah Program Insentif

  • 31 January 2018 | 00:00

Setiap tahun, perusahaan akan melakukan penilaian hasil kerja terhadap setiap karyawannya. Apabila ada kesalahan, akan dilakukan analisa dan diskusi internal, sehingga dalam tahun berikutnya mereka tidak akan mengulangi kesalahan tersebut dan lebih fokus kepada produktifitas perusahaan. Tentunya, perusahaan akan mengharapkan produktivitas yang terus meningkat sepanjang tahun.

Untuk memastikan hasil kerja karyawan maksimal, perusahaan dapat memberikan motivasi dan semangat dalam bentuk program insentif. Program ini juga dapat untuk membantu karyawan untuk fokus terhadap target yang ingin dicapai dalam tahun berjalan. Dengan evaluasi yang rutin, perusahaan juga dapat memastikan kinerja dan pencapaian dari setiap karyawannya. Lalu, apa yang harus dilakukan pada saat ingin mulai menjalankan program insentif?

Perhitungkan Anggaran
Sebelum Anda memulai, hal pertama yang harus dilakukan adalah menghitung anggaran perusahaan Anda untuk sebuah program insentif. Anggaran tersebut juga harus disesuaikan apakah program tersebut mau dijalankan hanya sekali atau rutin berulang. Anggaran yang ditentukan juga harus diperhitungkan berdasarkan target yang akan dicapai, apakah anggaran tersebut sesuai dengan produktifitas yang diperoleh apa tidak. Jangan sampai perusahaan Anda menjadi rugi karena program insentif akibat salah perhitungan anggaran.

Tentukan Target
Dengan menjabarkan target yang ingin dicapai secara spesifik, maka produktifitas perusahaan yang diperoleh akan semakin detil. Target yang spesifik juga akan memastikan karyawan Anda lebih fokus kepada target yang ingin dicapai. Anda juga dapat mengukur target manakah yang berhasil dan tidak berhasil. Hasil ini dapat menjadi referensi atau acuan untuk penentuan target dalam program insentif berikutnya.

Hadiah Untuk Program Insentif
Pada umumnya, sebuah perusahaan memiliki lebih dari satu generasi untuk profil karyawannya. Setiap generasi memiliki karakteristik yang berbeda-beda, mulai dari generasi Baby Boomers, Gen X, Millenials, sampai dengan yang terbaru adalah generasi Z. Mereka memiliki kesukaan yang berbeda-beda.

Apakah Anda harus memisahkan hadiah tersebut per generasi?
Tentu tidak perlu, karena hal tersebut membuang waktu serta tambahan biaya untuk anggaran Anda. Apabila Anda menggunakan uang ataupun produk sebagai hadiah, tentu tidak perlu memisahkan hadiah tersebut per generasi.

Bagaimana caranya sebuah produk hadiah bisa cocok untuk beragam kesukaan dari berbagai generasi?
Jawabannya adalah dengan menggunakan voucher Sodexo Gift Pass sebagai hadiah program insentif Anda.

Apa keuntungan menggunakan voucher Sodexo Gift Pass?

Karyawan perusahaan dapat memilih sendiri hadiah yang diinginkan sesuai dengan kebutuhannya. Pilihan hadiah juga terdiri dari berbagai kategori, mulai dari Supermarket, Food & Beverages, Hotel & Travel, Dept. Store & Fashion,  sampai dengan Automotive ada dalam kategori Merchant Sodexo.

Selain itu, Anda juga bisa untuk menambahkan trademark perusahaan dalam produk hadiah tersebut. Sodexo menyediakan layanan personalisasi logo perusahaan dan nominal pada voucher Sodexo Gift Pass, tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Evaluasi Berkala
Setelah program insentif berjalan, jangan lupa untuk melakukan evaluasi berkala dari internal Anda. Evaluasi dapat dilakukan dari semua bagian, baik dari anggaran, target, maupun hadiah program. Perbaikan inilah yang nantinya dapat menjadikan program insentif berikutnya menjadi lebih baik lagi.

Rekomendasi

Komentar

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan, mandatory field ditandai dengan *