Program Insentif Perusahaan

  • 23 May 2017 | 00:09

Dalam sebuah perusahaan pasti selalu memikirkan untuk meningkatkan motivasi tim melalui program insentif. Namun bingung seperti apa program insentif yang tepat serta manakah yang lebih efektif, pemberian berupa uang tunai atau pemberian hadiah barang yang dapat dipilih sendiri.

Saat ini banyak perusahaan yang masih mencari solusi untuk meningkatkan motivasi karyawan, apakah cukup dengan menaikkan gaji karyawan atau memberikan tunjangan dan benefits lebih diluar gaji atau menawarkan fleksibilitas dalam bekerja. 

Ada berbagai macam cara dalam memberikan penghargaan, namun yang paling sering dibandingkan adalah cash (uang tunai) versus non-cash.  Berikut dibawah ini cerita perbandingan 2 orang karyawan yang bernama Dimas dengan Nita.

Dimas adalah karyawan berprestasi diperusahaan dan mendapatkan uang tunai sebagai bagian dari insentif penjualan, dengan gembira dimas langsung membayar berbagai macam tagihan dengan uang tersebut hingga habis, momen yang dirasakan oleh dimas, mulai dari mengecek uang insentif tersebut hingga menghabiskannya sangat singkat bahkan hanya dalam hitungan menit.

Bandingkan dengan Nita seorang Account Manager mendapatkan insentif berupa poin yang dapat diakumulasikan, Nita mendapat informasi bahwa perusahaan memberikan tambahan 300 poin untuk pencapaian penjualan bulan ini. Nita sadar dengan tambahan poin ini akan memungkinkan dirinya untuk  mendapatkan hadiah yang dia inginkan sebesar 700 poin.

Dengan bergegas Nita langsung masuk ke situs reward perusahaan dengan memasukkan akun pribadi, lalu melihat transaksi terakhir dan total poin yang tersisa, melihat penawaran terbaru dari reward katalog sebelum memantapkan hati untuk memilih hadiah yang diinginkan.

Beberapa hari kemudian Nita mendapatkan kebahagiaan karena hadiah yang diinginkan telah sampai ditangan dirinya, jika ada yang bertanya mengenai hadiah yang didapat, Nita dengan bangganya menceritakan bagaimana dirinya mendapatkan hadiah yang diinginkan dari reward  perusahaan. Momen bahagia Nita tidak berakhir sampai disitu, setiap Nita melihat hadiah tersebut maka akan selalu ingat siapa dan bagaimana dia mendapatkannya.

Sebuah program reward yang dapat menciptakan momen bahagia lebih lama dapat meningkatkan motivasi tidak hanya untuk tim sales, namun juga customer service dan semua yang terlibat  didalam bisnis proses.

Hasil survey yang dilakukan oleh Sodexo Benefits and Rewards Indonesia pada tahun 2015 mengungkapkan bahwa 74% dari pemimpin perusahaan SME (Small Medium Enterprise) yang mengenalkan program insentif di perusahaannya menghasilkan tingkat penerimaan karyawan baru bertambah baik, produktifitas naik hingga 88% hingga menaikkan penjualan sampai 71%.

Rekomendasi

Komentar

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan, mandatory field ditandai dengan *